Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1996 tentang Statistik menyebutkan bahwa berdasarkan tujuan pemanfaatannya, jenis statistik terdiri atas statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus. Kewenangan penyelenggaraan statistik dibagi sesuai pembidangan jenis statistik, yaitu statistik dasar yang diselenggarakan oleh BPS, statistik sektoral.
Pada tataran pemda, UU No. 23 tahun 2014 mengatur bahwa statistik merupakan salah satu urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar.
Data yang dihasilkan dari penyelenggaraan statistik sangat diperlukan untuk perencanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan nasional. Sehingga data statistik yang dihasilkan oleh seluruh pengampu kegiatan statistik harus akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah. Semua itu dapat terwujud apabila data memenuhi prinsip-prinsip Satu Data Indonesia sebagaimana diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019.
Badan Pusat Statistik sebagai pembina data statistik melakukan pembinaan terhadap penyelenggara kegiatan statistik, diantaranya pembinaan statistik sektoral yang dibantu oleh Walidata.
Pemerintah Kabupaten Temanggung telah menerbitkan Peraturan Bupati Temanggung Nomor 48 Tahun 2023 yang mengatur Pengelolaan Satu Data Indonesia Kabupaten Temanggung.
Web ini dibuat dalam rangka mendukung kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Temanggung bersama dengan Kominfo Kabupaten Temanggung.
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Penerapan Standar Data Statistik (SDS) |
1. [ Level 2] Screenshoot Standar Data di Indah 2. [ Level 2] SOP Standar Data 3. [ Level 3] Dokumen Buku Panduan Statistik Kabupaten (Highlight Standar Data) 4. [ Level 4] Kegiatan Reviu Standar Data (Undangan, Daftar Hadir, Dokumentasi, Berita Acara, Link Unggahan Berita) 5. [ Level 5] Dokumentasi penerapan SDS sebelum dan sesudah reviu |
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Penerapan Metadata Statistik |
1. [ Level 2] Dokumen Metadata yang telah disetujui BPS 2. [ Level 2] Screenshoot Unggah Metadata bersamaan dengan Datanya di Website Perangkat Daerah 3. [ Level 2] SOP Metadata 4. [ Level 3] Dokumen Buku Panduan Statistik Kabupaten (Highlight Metadata) 5. [ Level 4] Kegiatan Reviu Metadata (Undangan, Daftar Hadir, Dokumentasi, Berita Acara, Link Unggahan Berita) 6. [ Level 5] Dokumentasi penerapan Metadata sebelum dan sesudah reviu |
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Penerapan Interoperabilitas Data |
1. [ Level 2] Screenshoot API Website Opendata 2. [ Level 2] Screenshoot Unggahan Data di Website OPD 3. [ Level 2] Screenshoot Data Pada Smart Village 4. [ Level 2] SOP Interoperabilitas 5. [ Level 3] Dokumen Buku Panduan Statistik Kabupaten (Highlight Interoperabilitas) 6. [ Level 4] Kegiatan Reviu Interoperabilitas (Undangan, Daftar Hadir, Dokumentasi, Berita Acara, Link Unggahan Berita) 7. [ Level 5] Dokumentasi penerapan Interoperabilitas sebelum dan sesudah reviu |
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Penerapan Kode Referensi |
1. [ Level 2] Screenshoot Penggunaan Kode Referensi (di Data yang diunggah di web), atau scan/foto kode referensi di kuesioner pengumpulan data
2. [ Level 2] SOP Kode Referensi 3. [ Level 3] Dokumen Buku Panduan Statistik Kabupaten (Highlight Kode Referensi) 4. [ Level 4] Kegiatan Reviu Kode Referensi(Undangan, Daftar Hadir, Dokumentasi, Berita Acara, Link Unggahan Berita) 5. [ Level 5] Dokumentasi penerapan Kode Referensi sebelum dan sesudah reviu |
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Relevansi Data Terhadap Pengguna |
1. [ Level 2] KAK 2. [ Level 2] SOP SKM 3. [ Level 2] SS Menu Survei Kebutuhan Data di Website 4. [ Level 3] NSPK Highlight Relevansi Data 5. [ Level 3] Bukti permintaan data dari instansi/individu lain 6. [ Level 3] Berita Acara relevansi data terhadap pengguna 7. [ Level 4] Dokumentasi reviu relevansi data terhadap pengguna 8. [ Level 5] Dokumentasi tindak lanjut dari reviu relevansi data terhadap pengguna |
| 2 | Tingkat Kematangan Proses Identifikasi Kebutuhan Data |
1. [ Level 2] KAK 2. [ Level 3] NSPK Highligt Identifikasi Kebutuhan Data 3. [ Level 4] Dokumentasi reviu atas proses identifikasi kebutuhan data terhadap permintaan 4. [ Level 5] Dokumentasi tindak lanjut dari reviu |
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Penilaian Akurasi Data |
1. [ Level 2] SOP verval 2. [ Level 2] dokumentasi kegiatan verval 3. [ Level 3] NSPK Highligt kegiatan verval 4. [ Level 3] SOP Verval walidata 5. [ Level 4] Dokumentasi reviu 6. [ Level 5] Dokumentasi tindak lanjut |
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Penjaminan Aktualitas Data |
1. [ Level 2] KAK mengandung jadwal rilis diunggah di Website 2. [ Level 2] Dokumen Perbandingan jadwal pengumpulan data di KAK dengan rilis aktual di website 3. [ Level 3] NSPK Highlight Aktualitas Data 4. [ Level 4] dokumentasi reviu 5. [ Level 5] dokumentasi tindak lanjut |
| 2 | Tingkat Kematangan Pemantauan Ketepatan Waktu Diseminasi |
1. [ Level 2] KAK mengandung jadwal rilis diunggah di Website 2. [ Level 2] Dokumen Perbandingan jadwal rilis di KAK dengan SS Rilis 3. [ Level 3] NSPK Highlight Ketepatan Waktu Diseminasi 4. [ Level 4] dokumentasi reviu 5. [ Level 5] dokumentasi tindak lanjut |
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Ketersediaan Data untuk Pengguna Data |
1. [ Level 2] Dokumen SS dan link data yang telah diunggah di website opd 2. [ Level 3] Dokumen SS dan link data yang telah diunggah di Portal SDI dan user manual Portal SDI 3. [ Level 3] NSPK Highlight Ketersediaan Data 4. [ Level 4] dokumentasi reviu 5. [ Level 5] dokumentasi tindak lanjut |
| 2 | Tingkat Kematangan Akses Media Penyebarluasan Data |
1. [ Level 2] SOP Pengelolaan Website OPD 2. [ Level 2] SS website OPD 3. [ Level 3] SOP PPID Dinkominfo 4. [ Level 3] SOP penyebarluasan data statistik 5. [ Level 3] NSPK Highlight Penyebarluasan Data 6. [ Level 3] Perbup SDI highlight pasal Portal SDI 7. [ Level 4] dokumentasi reviu 8. [ Level 5] dokumentasi tindak lanjut |
| 3 | Tingkat Kematangan Penyediaan Format Data |
1. [ Level 2] SS berbagai format file data di Portal SDI 2. [ Level 2] Form instrumen pengumpulan data primer/laporan pendataan di OPD 3. [ Level 3] Buku SDS 4. [ Level 3] NSPK Highlight Format Data 5. [ Level 4] dokumentasi reviu 6. [ Level 5] dokumetasi tindak lanjut |
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Keterbandingan Data |
1. [ Level 2] Dokumen perbandingan data lokus dengan data rilis dari sumber lain (misal provinsi atau swasta) 2. [ Level 3] NSPK Keterbandingan Data 3. [ Level 4] dokumentasi reviu 4. [ Level 5] dokumentasi tindak lanjut |
| 2 | Tingkat Kematangan Konsistensi Statistik |
1. [ Level 2] Dokumen SS perbandingan data lokus dengan data OPD/instansi lainnya yang dipublikasi 2. [ Level 3] NSPK highlight Konsistensi Statistik 3. [ Level 4] Dokumentasi reviu Konsistensi Statistik 4. [ Level 5] Dokumentasi tindak lanjut |
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Pendefinisian Kebutuhan Statistik |
|
| 2 | Tingkat Kematangan Desain Statistik |
|
| 3 | Tingkat Kematangan Penyiapan Instrumen |
|
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Proses Pengumpulan Data / Akuisisi Data |
|
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Pengolahan Data |
|
| 2 | Tingkat Kematangan Analisis Data |
|
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Diseminasi Data |
|
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Penjaminan Transparansi Informasi Statistik |
|
| 2 | Tingkat Kematangan Penjaminan Netralitas dan Obyektivitas terhadap penggunaan Sumber Data Metodologi |
|
| 3 | Tingkat Kematangan Penjaminan Kualitas Data |
|
| 4 | Tingkat Kematangan Penjaminan Konfidensialitas Data |
|
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Penerapan Kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang Statistik |
|
| 2 | Tingkat Kematangan Penerapan Kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang Manajemen Data |
|
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Kolaborasi Penyelenggaraan Kegiatan Statistik |
|
| 2 | Tingkat Kematangan Penyelenggaraan Forum Satu Data |
|
| 3 | Tingkat Kematangan Kolaborasi dengan Pembina Data Statistik |
|
| 4 | Tingkat Kematangan Penyelenggaraan Pelaksanaan Tugas Sebagai Wali Data |
|
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Penggunaan Data Statistik Dasar untuk Perencanaan, Monitoring, dan Evaluasi, dan / atau Penyusunan Kebijakan |
|
| 2 | Tingkat Kematangan Penggunaan Data Statistik Sektoral untuk Perencanaan, Monitoring, dan Evaluasi, dan / atau Penyusunan Kebijakan |
|
| 3 | Tingkat Kematangan Sosialisasi dan Literasi Data Statistik |
|
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Pelaksanaan Rekomendasi Kegiatan Statistik |
|
| No | Indikator | Evidence |
|---|---|---|
| 1 | Tingkat Kematangan Perencanaan Pembangunan Statistik |
|
| 2 | Tingkat Kematangan Penyebarluasan Data |
|
| 3 | Tingkat Kematangan Pemanfaatan Big Data |
1. [ Level 3] Perbup Terkait |
DPPKBPPPA